Jumat, 15 Februari 2013

Kegiatan Posyandu di Desa Dawung




Rabu (16/01/2013) Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU) desa Dawung melaksanakan kegiatan rutin di di dusun Dawung.
Posyandu adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat dibidang kesehatan yang berfokus pada kesehatan ibu dan anak. Posyandu berdiri dibawah tanggung jawab kepala desa yang dilaksanakan di Balai Dusun, Balai Kelurahan, RW, dan sebagainya.
Kelurahan Dawung terbagi menjadi tujuh dusun, dimana setiap dusun mempunyai satu posyandu. Dalam seminggu kunjungan dilaksanakan dua kali dimana kegiatan tersebut digilir oleh bidan dibeberapa dusun. Posyandu dimulai terutama untuk melayani balita dalam hal imunisasi, timbang berat badan. Imunisasi ini dibagi menjadi dua yaitu imunisasi campak dan imunisasi polio.
Adapun faktor yang mempengaruhi keberhasilan program dalam Posyandu, yaitu sasaran, lokasi kegiatan, petugas penyelenggaran, dana dan lain sebagainya. Oleh karena Posyandu di Desa Dawung telah memenuhi beberapa faktor dan didukung oleh pelaksanaan yang rutin, maka keberhasilan Posyandu dalam meningkatkan kesadaran serta kesehatan ibu dan anak terbilang baik.

2 komentar: