Jumat, 15 Februari 2013

Pelatihan Pengenalan Microsoft Office bagi Perangkat Desa Dawung




Selasa (29/01/2013) di Era Globalisasi seperti saat ini peran komputer sangat penting dalam segala aspek kehidupan terutama dalam dunia pendidikan, perkantoran, dan pemerintahan. Komputer merupakan salah satu teknologi yang sudah harus di kuasai dalam mengikuti persaingan di era globalisasi. Di karenakan dengan menggunakan komputer dapat memudahkan berbagai jenis kegiatan kita terutama di bidang pemerintahan. Diharapkan dengan seiring berjalannya modernisasi yang kini sudah merambah desa, para pamong desa juga bisa mengikuti modernisasi tersebut dalam bidang teknologi komputer sehingga pekerjaan pamong desa menjadi makin mudah dan cepat di selesaikan.
Komputer yang  mempunyai banyak fungsi di antara nya adalah aplikasi microsoft yang memuat beberapa bagian aplikasi yang penting, yaitu microsoft excel yang berfungsi untuk membantu pekerjaan pamong desa dalam hal perekapan data pengeluaran kebutuhan, pemasukan dana, rencana anggaran, dan data lain yang dapat direkap dengan menggunakan excel. Microsoft Word yang dapat memudahkan pekerjaan pamong desa dalam bagian surat menyurat, menulis feed back, merekap data, dan pekerjaan lain yang biasanya dilakukan dengan mesin ketik dan tulisan tangan akan semakin mudah, membutuhkan waktu singkat dan perekapannya menjadi lebih rapi.
Tim KKN Dawung memilih untuk memberikan pelatihan microsoft kepada pamong desa dan menjadikannya sebagai rencana program kerja karena pentingnya memberikan pelatihan ini kepada pamong desa. Tim KKN memberikan pelatihan m.word mengenai bagaimana cara membuka aplikasi tersebut, menjelaskan bagian – bagian penting dari menu yang ada di antara nya toolbars yang ada yaitu home, insert, page layout, references, mailings, review, view, dan add ins. Kami memberikan penjelasan tentang bagian dari toolbars tersebut beserta kegunaannya. Terutama pada bagian yang penting dan sering digunakan dalam melakukan pekerjaan sebagai pamong desa. Kami menjelaskan bagaimana merubah font, ukuran font, warna font, mengubah bentuk paragfraf, memberikan spasi, ukuran landscape potrait, membuat tabel, memasukkan gambar, membuat diagram, memasukkan simbol, bagaimana menyimpan data yang telah ditulis, mem print data, dan banyak fungsi penting lain dalam m.word
Pada m.excel kami mengajarkan tentang adanya toolbars di dalamnya yaitu home, insert, page layout, formulas, data, review dan view. Kami memberikan penjelasan bagaimana mengubah font, ukuran dan warna, membuat tabel, membuat format tabel beserta merger dan kegiatan yang berhubungan dengan tabel, membuat diagram dan kegiatan lain yang hampir sama dengan aplikasi dalam m.word.

0 komentar:

Posting Komentar