Jumat, 15 Februari 2013

Sosialisasi dan Peresmian PAUD AL-FATH Desa Dawung



Dawung, (28/01/2013) bertempat di Balai Desa Dawung KKN PPM Tim I Undip 2013 bekerja sama dengan perangkat desa, ibu-ibu PKK, dan masyarakat sekitar merintis untuk mendirikan PAUD di Desa Dawung ini. Al Fath adalah sebutan nama dari PAUD yang baru dirintis di Desa Dawung ini. Masyarakat sangat antusias dengan didirikannya PAUD ini, dikarenakan di desa ini belum terdapat PAUD untuk anak-anak usia dini. Berkat bantuan tim I KKN PPM Undip, PAUD yang dulu diragukan keberadaanya oleh masyarakat akhirnya dapat diresmikan pada hari Senin, 28 Januari 2013 kemarin. Permasalahan yang menghambat berdirinya PAUD tersebut terletak pada sumber dana yang dikeluarkan, berdasarkan informasi dari ibu-ibu PKK Desa Dawung, dana yang terdapat di kas ibu-ibu PKK masih kurang mencukupi untuk berdirinya PAUD ini. Sehingga untuk membantu ibu-ibu PKK ini, kami sebagai anggota tim I KKN PPM Undip memberi bantuan APE (Alat Permainan Edukasi) untuk anak-anak yang bersekolah di PAUD tersebut.
Peresmian PAUD ini dihadiri oleh Bapak Kepala Desa, Ibu-Ibu PKK, anggota KKN PPM Tim I Undip serta orang tua murid beserta anak-anak mereka yang berusia diantara 3-5 tahun. Kegiatn peresmian ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Bapak Kepala Desa sebagai “payung” PAUD Al Fath ini.  Kami sebagai tim I KKN PPM melihat antusiasme masyarakat mengikuti peresmian PAUD tersebut, hal ini dapat dilihat dari penuh sesaknnya ruangan di Balai Desa oleh orangtua dan anak-anak mereka yang berusia diantara 3-5 tahun untuk mengikuti kegiatan peresmian ini. Selain itu, antusiasme tersebut dapat terlihat dari banyaknya orangtua murid yang mengisi formulir pendaftaran PAUD Al Fath ini.   Ketika acara peresmian ini berlangsung, anak-anak saling membaur dengan teman sebayanya, mereka bermain menggunakan APE (Alat Permainan Edukasi) yang telah disediakan oleh tim I KKN PPM Undip ini. Selain bermain, mereka juga menyanyi dan belajar menghitung yang dibimbing oleh tenaga pengajar. Sedangkan para orangtua mereka mendengarkan setiap ucapan dari Bapak kepala Desa, perwakilan ibu PKK serta anggota tim I KKN PPM Undip ini.
Pada perintisan PAUD Al Fath ini, proses kegiatan belajar mengajar sudah mulai berlangsung sejak hari itu juga, terlihat bahwa telah adanya tenaga pengajar yang bersedia dengan ikhlas mengajar di PAUD Al Fath tersebut. Tenaga pengajar tersebut sudah memiliki pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar mendidik anak-anak. Kegiatan proses belajar mengajar ini disepakati oleh para orang tua murid dan tenaga pengajar seminggu 2x, setiap hari Selasa dan Jumat pukul 10.00- 12.00. Semangat anak-anak lah yang mengikuti proses pembelajaran tersebut mampu memotivasi kita sebagai tim KKN PPM I Undip, perangkat desa, ibu-ibu PKK untuk terus mempertahankan PAUD Al Fath di Desa Dawung ini untuk dapat berjalan dengan baik.


0 komentar:

Posting Komentar